Rabu, 07 November 2012

Masa Kuliah

Nama gue DINDA AMALIA, mungkin sekarang lebih asik dipanggil NDUL. gue ya, seperti cewe-cewe pada umumnya, baru lulus kuliah masih ngelamar-ngelamar pekerjaan dan stay dirumah aja. Gue itu hanya anak bontot yang berasa jadi anak smata wayang, abang gue lagi nerusin S2 Psikologinya di Unpad Bandung, kaka gue yang cewe udah married and ikut suaminya stay di Meulaboh, Aceh sedangkan gue hanya spanding time stay di Bogor. Tapi gue alumni salah satu Institut di Jakarta Selatan, tepatnya si IISIP Jakarta. Mungkin kalo lo bukan orang media, lo gk akan tau nama kampus gue atau gak pernah denger, cuma kalo lo orang media, lo pasti angkat topi banget denger nama kampus gue, yah gitu lah kampus gue, keren di media, and yang bikin kampus gue keren itu karena kualitas alumni IISIP yang sangat militan. (Katanya).

 Ni ni..lambang kampus gue..

Eh ngomong-ngomong gak tenarnya kampus gue ada cerita juga. Jadi gini, waktu gue pulang kampus, gue kan naik kereta pas dikereta ada bapak-bapak ngajakin ngobrol dan yah biasa dia nanya gue kuliah dimana dan gue dengan jujurnya bilang gue kuliah di IISIP dan dy langsung nanya balik "IISIP mana yah tu de?" "hhmmmmmm..rasanya tuh daleeemmm bgt" 
cuma beda story ni pas gue dateng ke media, kaya Kompas, Suara Pembaruan, RRI, TVRI, dll sampai Kemenkominfo juga. pas gue ditanya darimana dan gue jawab dari IISIP. mereka langsung senyum dan manggut-manggut kepala dan banyak langsung nyambung "ohh IISIP yah?disini banyak bgt alumni IISIP" dan itu lo tau sodara-sodara rasanya gimana??... bangga banget walaupun lo gk kuliah di kampus tenar dan ternama tapi pas lo dateng ke media (salah satu dari 4 pilar penyangga Indonesia) mereka tau kampus lo, dan sebagian dari alumni kampus lo adalah orang-orang yang amat sangat disegani di perusahaan media-media. Well. dari sinilah gue sedikit banyak bangga jadi anak IISIP.

Kalo lo mau tau lokasi kampus gue. Yang paling mudah dengan lo naik kereta, whatever kereta jenis apa yang mau lo naikin economi kah atau comuterline kah, yang jelas kalo lo udah sampe (kalo dr Bogor) stasiun Universitas Pancasila (kalo dari Jakarta) stasiun Tanjung Barat, lo harus terus memperhatikan sebelah kanan (dari Jakarta) dan sebelah kiri jalan (kalo dari Bogor). Pasti lo akan menemukan tulisan "Kampus Tercinta IISIP Jakarta" 

Kampusnya kecil, banyak pohon2 lagi. cuma ya bagi anak-anaknya kampus ini enak banget, enak buat nongkrong. (kalo ini gue ngerasa juga, serius!) Kampus gue tuh ngebetahin bgt, ngebetahin buat nongkrong. terbukti berat kalo udah sore, harusnya dimana-mana kampus mah sepi, kalo kampus gue malah rame bgt!ampe diusir satpam.

Setiap kampus pasti punya aib, dan yah itu aib kampus gue dinasti. tau maksud gue? kampus gue itu yayasan keluarga jadi yah udah 3 dekade kampus gue rektornya dia dia doang. anak cewenya alm. Hoetasoehoet, Marslina Hutasuhut. Waktu gue masi semester tengah, banyak bgt yang ngomporin buat gk suka ma dy, cuma pas semester atas, semakin gue pikir. beliau gk jahat2 amat kok, yah emang sih smua orang gk harus selalu bagus pasti ada jeleknya, tapi yasudahlah menurut gue kebijakan yg dia ambil buat kampus gk kejam2 bgt kok malah longgar (cuma beda, kalo buat acara organisasi yang waktu itu gue pegang)ini nih rektor gue yang cantik..
Ngomongin kampus gk seru yah kalo gk ngomongin organisasi, cinta, dan temen-temen. hehe.. gue termasuk tipikal cewe aktif, aktif dan pecicilan tepatnya. Gue suka organisasi, suka bgt! Gue ikut banyak bgt organisasi dari yang gue tekunin, gue hanya pengin tau sampe gue coba-coba doang. Sebut aja Himajur, Himpunan Mahasiswa Jurnalistik kalo organisasi ini gue tekunin terus sampe gue selesai 4 tahun pendidikan di IISIP, terus ada juga Epicentrum (majalah independen yang selalu nyerang kebijakan kampus), Audio visual (bikin2 film), Paduan Suara (gue lupa namanya), basket (kalo ini cuma ikut brp kali). Bisa anda bayangkan seorang cewe yang stay di Bogor yang tiap harinya kuliah disambilin dengan 5 organisasi???
satu jawaban : GAK KEHANDLE!
hahahhaa..iya, dari yang namanya gue ngga betah di organisasi itu, dimintain kekonsistenan sama anak2 yang seorganisasi, di jelousin gara2 gue terlalu intens di satu organisasi, diremehkan gara2 gue terlalu banyak punya hati keorganisasi lain, udah pernah gue jalanin. 

tapi yah gue woles aja, gue suka yang namanya kesibukan, lovely to meet new people, Interaction with someone, share anything, and i love handle new event so sampe 4 tahun gue dikampus gue cuma setia sama Himajur dan epicentrum

 Kenapa bisa setia? ya, itu didukung sama keakraban senior-senior sama temen-temen kita seangkatan, kebetulan gue kurang nyaman sama organisasi yang lain, gue cuma nyaman sama 2 organisasi ini.
Jadi gue gk keberatan sama sekali kalo ada diembel2in ndul epicentrum atau ndul himajur. Its OK! :D

Selain sibuk sama organisasi, gue juga sibuk sama kuliah. bagi orang kaya gue, kita punya moto "Jangan sampai Kuliah mengganggu Organisasi" hahaha! itu sih ampun buat gue pas lagi pertengahan kuliah, cuma pas udah semakin tua, gue nyesel. gue malah mikir sayang bgt, gue anak Komunikasi yang matkulnya gampang, gak kaya matkul akutansi, kedokteran dll gue nyesel bgt sampe kuliah 8 semester / 4 tahun. harusnya gue bisa dapet cumlaude dan cuma 3,5 tahun.. ah..penyesalan emang datengnya selalu telat!!
Tapi yasudah,
Oiya ngomongin soal kampus, pastinya adalah dosen favorite dan dosen paling killer dan suck abis!!
Dosen yang menyolok perhatian gue itu ada 5 orang, 
1. Pak Amry, Beliau itu dosen Seminar gue (yang cowo tua) sekaligus temen kantor nyokap. banyak bgt yang gk berani ngambil matkul dia, soalnya dia itu killer and annoying. Tapi buat gue dan ke11 cewe diatas kita bersyukur bgt ngambil matkul beliau. Karena gara2 pak Amry, gue jadi lancar ngerjain Skripsi gue. Makasih Pak! Ilmu bapak bermanfaat sekali buat saya :D


2. Rektor kampus Ibu Marslina Hutashut, walaupun pertengahan kuliah gue gk terlalu suka sama beliau (gue jg pernah diomelin gara2 epicentrum), tapi pas akhir2 kuliah gue suka ma beliau, beliau juga banyak ngasih ilmu eksak sama wejangan2. Dan bang Omar, (Yang kaya cina and botak), dia DP gue, orangnya asik bgt. Dy yang bantuin gue untuk sedikit meluruskan otot ketegangan dan keseriusan gue di skripsi dgn cara gk terlalu intens bimbingan dan yah, semau lo aja, asik kok, orangnya gokil dan lucu abis! :D
3. Ibu Mulharnetti Syass dan Pak Sugeng (tapi yang difoto bareng bu Netti bukan pak sugeng). Emang sih selama 4 tahun gue di IISIP, gue belom pernah diajar mereka berdua. Tapi gue tau mereka berdua baik sekali :) Bu Netti Dosen wali gue, walaupun baik tapi beliau itu tegas bgt dan detail. kalo pak sugeng? beliau terlalu baik. Gue sering berurusan sama mereka kalo gue mau ngadain acara buat Himajur. kebetulan bgt bu Netti itu dulu Kajur Jurnalistik dan Pak Sugeng Purek Kemahasiswaan. So, tau lah kalian.. :D
Dan yang bikin gue seneng, pas gue wisuda. Mereka berdua bener2 senyum tulus kegue dan ngucapin "Selamat wisuda yah Dinda, semoga sukses" dan gue seneng bgt mereka inget sama gue. :D

Selain Organisasi dan dosen2 yang berkesan buat gue, temen2 kampus juga berkesan bgt. Gue itu angkatan 2008 dan yah seperti anak baru kebanyakan, gue bergeng (awal kuliah) ada 10 orang tapi lama kelamaan seleksi alam, masing-masing berguguran dan sisa hanya berapa orang.

 ini tmn2 deket gue dikampus..


Selain mereka, Gue juga suka main ramean sama yg lain..

 Waktu Debat Kandidat ketua Himajur periode 2009-2010

 ini Waktu lagi main futsal khusus cewe
 Kalo ini pas waktu Ramean 




Selain Karena teman - teman di IISIP yang solidnya nauzubillah. gue juga betah karena Cinta..!! Hahaha..
Kalu ngomongin masalah Cinta?? Wahh..no comment deh. Masalah Pribadi itu, Privat, tertutup.!hehehe.. hanya gue aja dan pihak sana yang paham gimana rasanya.

Oke, Sekian cerita2 saya ttg Kampus dan gimana indahnya masa-masa kuliah itu yang dibarengin dengan organisasi, main, meet new people, having fun. 
Yang jelas gue cuma bisa bilang, masa2 kuliah itu INDAH, MEMBAHAGIAKAN, SERU!!
Sampai akhirnya 4 tahun gue selesai dan...
 
Gue resmi lulus tanggal Minggu, 7 Oktober 2012 dgn tittle Sarjana Komunikasi dari IISIP Jkt
DINDA AMALIA, S.Ikom

5 komentar:

  1. Alhamdulillah yah, akhirnya kita semua lulus. ya setuju, masa-masa kuliah emang masa yang gbsa dlupain... di kampus tercinta ini, kita semua banyak menemukan cinta.

    selalu kontak dengan teman2 yang lain, dan tetap menulis! ^^
    -konayuki-

    BalasHapus
  2. Ipang>> iyoo, lo juga keep contact yh :) seneng bgt bisa kuliah di IISIP n kenalan ma kawan2 amazing kaya kalian :*

    Oci>>iyalah pasti, gk akan gue lupa tmn2 seperjuangan diSEMINAR AMry, kita kan dayang2 beliau. hehehe

    BalasHapus
  3. Iya din lo juga cinta pertama gue. Gue Yang sellau liatin lo kalau lo di epicentrum. Sayang gue terlalu pemalu akhirnya cuma bisa harap

    BalasHapus