Kamis, 08 November 2012

Trip to Meulaboh

Trip to Meulaboh..
Ini adalah pengalaman gue jalan pertama kali ke Aceh. Gue jalan kesana pas banget abis gue sidang skripsi tepatnya September 2012. Gue ksana karena kaka cewe gue stay disana sama suaminya yang sekarang udah jadi abang kedua gue. so, sambil liburan nunggu wisuda gue jalan deh kesana.
Gue juga gk langsung jalan ke Banda, gue cabut dulu ke Meulaboh (salah satu tempat yang paling parah pas kejadian tsunami Desember 2004) .
 ini waktu kejadian tsunami

Yaaaa..Seperti orang kebayakan yang mau menghabiskan liburan aja, gue juga packing2 untuk waktu yang lumayan lama disana. tapi yang wajib kalian tau kalau kalian sewaktu-waktu mau ngunjungin Banda dan sekitarnya, kalian jangan pernah lupa bawa krudung atau selandang (buat cewe), baju panjang dan celana panjang, ngga perlu yang tebel2 kok, bawa baju yang tipis2 aja. Soalnya Cuaca disana panas bgt. hampir dua kali lipat panasnya cuaca di Bogor. bisa kalian bayangin gk? kalian cuma duduk2 dilantai sambil nonton tv, itu bisa keringetan. kebayangkan panasnya kaya gimana??

Ok lanjut, gue kesana bareng sama nyokap naik pesawat lion air. sekedar info nih, kalo kalian mau jalan2 ke Meulaboh kalian cuma bisa naik lion air aja. soalnya cuma lion air doang yang nyediain penerbangan langsung ke Meulaboh, itu juga kalian harus transit di Medan dan ganti pesawat kecil. 
Yah,,,kalo kalian  suka sama hal yang berbau tantangan dan pengalaman, naik pesawat kecil itu juga asik kok tapi emang lebih rawan dibanding kalian naik pesawat gede, makanya itu yang gue bilang pengalaman :D
Oiya, pesawat yang nyediain keMelauboh langsung cuma ada hari senin, rabu dan Jum'at jam 5 sama jam 6 pagi, harganya tiketnya gue bilang sih lumayan mahal 1,1jt per-orang so, prepared dulu yah. :)

Perjalanan dari Bandara Soeta Jakarta sampai Polonia Medan itu sekitar 2 jam 20 menit. dan itu lancar2 aja kok insyaallah. Sampai di Polonia Medan kita wajib turun dari pesawat dan tuker tiket. Tapi yang wajib diinget, turun dari pesawat kita ngga boleh ikut naik bus airport yah, soalnya nanti kita keluar bandara. Di bandara internasional Polonia kita cuma nunggu sekitar 15-20 menit (kalau ngga delay) abis itu lanjut lagi naik pesawat wings airlines menuju Bandara Cut Nyak Dien Meulaboh itu makan waktu 50 menit. 
Ni Bandaranya,,,,
 Perbedaan waktu antara Jakarta sama Meulaboh itu ngga ada alias sama aja. cuma yang beda waktu matahari terbit dan tenggelam. Kalau di Jakarta shubuh itu jam setengah 5 kalau di Meulaboh jam 5 lewatan. dan maghribnya jakarta jam 6 kurang, maghrib disana jam stengah 7an. Unik kan?
Begitu sampe sana gue agak menyesuaikan waktu juga kok. :)

Oiya di Melauboh itu ngga ada yang namanya bus, ataupun angkot. mereka hanya punya elf dan bentor. kalau elf itu kaya angkot tapi tertutup, kalau kalian pernah ke Puncak/Sukabumi pasti kalian tau angkotnya model kaya gitu ngga beda jauh. Terus ada bentor, becak motor. bagi yang belum pernah naik bentor pasti kalian bakalan seneng, karena sensasinya seru! banyak banget angin.. karena gue belum pernah dan pengin bgt naik bentor, so i feel amazing!! kalau kalian berniat ngeliat bentor balapan, coba deh dateng sekitar bulan Juli atau Agustus. Disana ada yang namanya "BECAK CROSS", sekarang setiap tahun di Meulaboh bakalan diadain becak cross loh. kata kaka gue yang stay disana, seru bgt acaranya, ada yang becak-becak sampai ngetrill, nggeguling. Tapi sayangnya gue dateng pas becak crossnya baru udahan. Tahun sekarang tuh baru tahun pertama dan diadain akhir Juli / Agustus. So, tahun depan kemungkinan bakalan diadain sekitar bulan2 itu. :D
Ini nih yang namanya BENTOR

Sampainya gue di Meulaboh, jujur, gue bengong. Masalahnya beda bgt sama Bogor apalagi Jakarta! Meulaboh Sepi..! Sepi bgt, ya rahasia umumlah, di Indonesia selain kota - kota di Pulau Jawa dan Jakarta mana lagi sih kota yang ramai???paling Bali. (itu yang pasti kalian pikirin)
Jujur, gue pernah pergi ke Pontianak, Pontianak juga sepi, tapi gak sesepi Melauboh!!
Kerenlah pokonya sepinya. :D 
Seperti lo dateng ke kota kecil, ya lo pasti bakalan jadi objek pengelihatan. tapi ngga papa orang-orang Aceh baik kok, walaupun ngga seramah orang-orang Jawa.kalian pasti bakalan sering diajakin ngomong bahasa Aceh. salah satunya "Kamii.." kami itu istilah mereka untuk ngomong "saya.." terus adalagi "Pajak.."
 itu artinya "Pasar.." dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di Meulaboh banyak banget yang unik contohnya,,

Ini salah satu mesjid terbesar di Meulaboh. Dan kalian tau, ketika tsunami terjadi mesjid2 di Meulaboh itu ngga ada yang rusak tau, salah satunya mesjid ini. Subahanallah

Di Meulaboh, masih banyak banget rumah yang modelnya seperti ini. dan biasanya dibawah rumah mereka suka ditaruh hewan-hewan kaya sapi, kambing, domba. 


Coba perhatikan gambar disamping ini baik-baik??
Gambar apa hayo?
 iya benar, hewan yang ada di depan mobil kk gue adalah sapi2 yang lagi pada berjejer jalan. Jadi disana, dijalan aspal pun banyak hewan yang ikutan jalan. Unik kan kaya di taman safari? Dan logikanya kalau kita nabrak sapi,harusnya kita yang bayar denda karena kita merugikan satu pihak, tapi disana kalau kita nabrak sapi maka pemilik sapinya yang harus bayar denda kekita. unik kan?

Disana juga banyak makam massal pasca tsunami Desember 2004. dan makam yang gue foto ini, itu makam terdekat sama pantai, depan makam ini langsung depan pantai. Dan pantai disini, ombaknya juga sering pasang surut.







Warung makan disana, lebih dikenal dengan istilah cafe. Cafe-cafe disana enak. Langsung didepan jalan, Cafe ini lebih banyak dikunjungin abis maghrib menjelang Isya. Dan uniknya, kalau di Meulaboh itu setiap maghrib smua warung ataupun toko pasti tutup. bener2 nuansanya islami banget. Dan menurut gue keren Dimanalagi coba satu daerah yang bisa kaya gitu??






 Yang ini adalah pantai terjadinya Tsunami, Pantainya memang kurang bagus sih, ombaknya juga sering pasang dan kalau kalian coba2 untuk berenang dan kebawa arus ya selamatt tinggaall kalian langsung menuju kelauatan lepas, karena sepanjang mata memandang ngga ada pulau sama sekali. 
Tapi uniknya, dipinggir laut itu ada tempat khusus berenang dan tempatnya juga dibedakan, ada kolam khusus laki-laki dan ada khusus perempuan.

Ngomongin Daerah baru ngga puas rasanya kalau ngga ngomongin makanan khas ataupun oleh - oleh yang wajib dibawa pulang. Di Meulaboh ada makanan khas yang menurut gue enak bgt yang wajib kalian coba kalau bertandang ke sana.













 
Gambar yang pertama itu namanya mie Aceh, asli buatan orang Aceh dan itu rasanya pedas banget, yang kedua namanya mie kepiting, yang ketiga namanya Ikan Kerling, yang ke empat itu Kopi Aceh dan yang terakhir Nasi gurih. Semua makanan ini Enak dan pedes bgt. Kenapa bisa enak??????karena bumbu yang mereka buat itu bener2 dari rempah2 dan rempah2nya pun banyak!! jadi ngga salah kalau kalian bakalan ketagihan makan makanan ini. SELAMAT MENCOBA dan SELAMAT BERLIBUR :D Jelajahin terus INDONESIAmu karena dari situlah kalian akan belajar Mencintai INDONESIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar